'/> Konsep Bauran Pemasaran [Marketing Mix] : Definisi Dan Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]

Info Populer 2022

Konsep Bauran Pemasaran [Marketing Mix] : Definisi Dan Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]

Konsep Bauran Pemasaran [Marketing Mix] : Definisi Dan Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Konsep Bauran Pemasaran [Marketing Mix] : Definisi Dan Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Pengertian Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :
“Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997) yang kurang ludang kecepeh mempunyai arti bauran pemasaran yaitu kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang sanggup dikendalikan yang dipakai oleh suatu tubuh perjuangan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the sebuah incaran market. yang kurang ludang kecepeh mempunyai arti bahwa bauran pemasaran yaitu sejumlah alat-alat pemasaran yang dipakai perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau sebuah incaran pasar yang dituju.
Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Ada banyak alat pemasaran, McCarthy mempopulerkan pembagian kiat pemasaran ke dalam 4 (empat) faktor yang disebut the four Ps: product, price, place, and promotion” (cited in Kotler, 1992:92).

Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai memberikankut:
1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk sanggup terdiri dari product variety, quality, design, feature, merk name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga mencakup last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu banyak sekali kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat mencakup antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu banyak sekali kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi mencakup antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
a. Advertising, yaitu tiruana bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong cita-cita mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c. Public relations and publicity, yaitu banyak sekali acara yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi gambaran perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d. Personal selling, yaitu interaksi pribadi antara satu atau ludang kecepeh calon pembeli dengan tujuan melaksanakan penjualan.
e. Direct marketing, yaitu melaksanakan komunikasi pemasaran secara pribadi untuk mendapat respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang sanggup dilakukan dengan memakai surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P) seiring perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan sikap konsumen dan kecerdasan para sangat menguasai pemasaran. Lovelock dan Wright (2002:13-15) membuatkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan memakai pendekatan 8Ps, yaitu:

product elements, place, cyberspace, and time, promotion and education, price and other user outlays, process, productivity and quality, people, and physical evidence.

1. Product elements yaitu tiruana komponen dari kinerja layanan yang membuat evaluasi bagi pelanggan.
2. Place, cyberspace, and time yaitu keputusan administrasi mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan.
3. Promotion and education yaitu tiruana acara komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan memberikankan.
4. Price and other user outlays yaitu pengeluaran uang, waktu, dan perjuangan yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau sajikan.
5. Process yaitu suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diharapkan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan
6. Productivity and quality, produktivitas yaitu sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang sanggup menambah evaluasi bagi pelanggan, sedangkan kualitas yaitu derajat suatu layanan yang sanggup memuaskan pelanggan alasannya yaitu sanggup memenuhi kebutuhan, keinginan, dan berharap.
7. People yaitu pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
8. Physical evidence yaitu perangkat-perangkat yang diharapkan dalam menyajikan secara kasatmata kualitas produk dan layanan.

Download Gratis Jurnal wacana Strategi Pemasaran

Advertisement

Iklan Sidebar