'/> Sikap, Kepribadian Dan Kerjasama Team; Definisi, Pembentukan Dan Tipe

Info Populer 2022

Sikap, Kepribadian Dan Kerjasama Team; Definisi, Pembentukan Dan Tipe

Sikap, Kepribadian Dan Kerjasama Team; Definisi, Pembentukan Dan Tipe
Sikap, Kepribadian Dan Kerjasama Team; Definisi, Pembentukan Dan Tipe
1. Sikap

1. Pengertian Sikap

Sikap (attitude) yakni pernyataan evaluatif, baik yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan terhadap objek, individu, atau peristiwa, (Stephen dan Timothy, 2008:92). Hal ini mencerminkan wacana perasaan seseorang wacana sesuatu. Ada 3 (tiga) komponen utama dari sikap, antara lain:

1. Kognitif atau memperbaiki
Kognitif atau memperbaiki yakni segmen opini atau keyakinan dari sikap, yang memilih tingkatan untuk bab yang ludang kecepeh penting dari sebuah sikap.

2. Afektif atau perasaan,
Perasaan yakni segmen sentimental atau perasaaan dari sebuah sikap, yang menimbukan hasil simpulan perilaku.

3. Perilaku atau tindakan
Perilaku atau tindakan yakni sikap merujuk pada suatu maksud untuk berperilaku dalam cara tertentu terhadap sesuatu atau seseorang.
Menurut Muchlas (2005:151) sikap (attitudes) ialah sesuatu yang kompleks, yang sanggup didefinisikan sebagai pernyatan-pernyataan evaluatif, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan, atau pepenilaianan mengenai objek, manusia, atau peristiwa-peristiwa. Sebahagian sikap terbentuk melalui
proses berguru sosial yang diperoleh dari orang lain.

2. Pembentukan Sikap
Proses pembentukan sikap berlangsung secara bertahap, dimulai dari proses belajar. Proses berguru ini sanggup terjadi alasannya yakni pengalaman-pengalaman pribadi seseorang dengan objek tertentu, menyerupai orang, benda atau peristiwa, dengan cara menghubungkan objek tersebut dengan pengalaman-pengalaman lain dimana seseorang telah mempunyai sikap tertentu terhadap pengalaman itu atau melalui proses berguru sosial dengan orang lain. Ada 3 (tiga) komponen pembentukan sikap, antara lain:

1. Pengalaman pribadi
Pengalaman pribadi diperoleh dari pembentukan sikap dengan melaksanakan kontak pribadi dengan objeknya.

2. Asosiasi
Asosiasi merupakan pemindahan sebahagian atau seluruh sikap terhadap objek usang menuju kepada objek baru, dan akan membentuk sikap yang baru.

3. Proses berguru sosial
Sumber pembentukan sikap yang umumnya terjadi dan berpengaruh sifatnya yakni proses berguru sosial. Kerap kali pembentukan sikap terjadi pada objek-objek yang belum pernah dialami secara langsung. Proses berguru sosial tidak hanya mensugesti kepercayaan seseorang, tetapi juga mensugesti reaksi-reaksi dampak dan imbastif dan kecenderungan sikap seseorang.

3. Tipe Sikap
Ada 3 (tiga) tipikal sikap seseorang, antara lain: (Ardana, 2009: 22)
1. Kepuasan kerja, seseorang yang mempunyai tingkat kepuasan kerja yang tinggi akan cenderung memperlihatkan sikap positif terhadap pekerjaan, demikian sebaliknya.

2. Keterlibatan kerja, hingga sejauh mana seseorang memihak pada pekerjaannya, berpartisipasi aktif didalamnya serta menanggapi kinerjanya sangat penting bagi organisasi.

3. Komitmen pada organisasi, hingga tingkat mana seseorang pegawai memihak pada organisasinya dan bertekad setia didalamnya.

2. Kepribadian

1. Pengertian Kepribadian


Kepribadian sering didefinisikan sebagai adonan dari tiruana cara dimana individu bereaksi dan memberikannteraksi dengan orang-orang lain, atau kadang- kadang didefenisikan sebagai organisasi internal dari proses psikologis dan kecenderungan sikap seseorang, (Muchlas, 2005: 84). Makara kepribadian merupakan perangkat citra diri yang memberikanntegrasi dan merupakan perangkat total dari kekuatan intrapsikis, yang menciptakan seseorang menjadi unik dengan sikap yang spesifik.

Menururt Stephen dan Timothy, (2008:127), kepribadan juga merupakan organisasi yang dinamis dalam sistem psikofisiologis individu yang memilih caranya untuk mengikuti keadaan secara unik terhadap lingkungan, atau dengan kata lain kepribadian merupakan keseluruhan cara dimana seseorang individu berekasi dan memberikannteraksi dengan individu lain.

2. Faktor-faktor Penentu Kepribadian

Kepribadian seseorang dihasilkan oleh faktor keturunan, lingkungan dan kondisi situasional (Stephen dan Timothy, 2008:127), antara lain:

1). Faktor Keturunan
Faktor keturunan ditransimisikan melalui ”gen”, yang berada dalam kromosom, yang memilih keseimbangan hormon, bentuk fisik, dan memilih atau membentuk kepribadian. Kepribadian tidak seluruhnya dipengaruhi oleh faktor keturunan, faktor lingkungan juga sanggup mensugesti bentuk kepribadian seseorang.

2). Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan yang sanggup memmemberikankan tekanan kepada kepribadian seseorang yakni kultur masyarakat dimana seseorang dibesarkan, norma-norma keluarga, teman-teman dan kelompok sosial, serta pengaruh-pengaruh lain yang kita alami. Kultur akan membentuk norma, sikap, dan penilaian-penilaian yang diwariskan dari satu generasi ke genarasi memberikankutnya yang terus menerus berlangsung secara konsisten.

3). Kondisi Situasional
Kondisi situsional sanggup mensugesti dampak dan efek dari faktor-faktor keturunan dan lingkungan terhadapa kepribadian. Kepribadian seseorang meskipun relatif stabil dan konsisten, namun sanggup berubah pada situasi-situasi yang berbeda. Tuntutan yang berbeda pada situasi yang berbeda sanggup menimbulkan reaksi dan aspek yang berbeda pada kepribadian seseorang. Oleh alasannya yakni itu, sebaiknya tidak melihat corak kepribadian secara terisolasi, tetapi juga mengetahui bahwa situasi-situasi tertentu ludang kecepeh relevan dari situasi-situasi lain dalam mensugesti kepribadian sehingga sanggup dilihat adanya perbedaan-perbedaan individual yang signifikan.

3. Sifat-sifat Kepribadian
Sifat-sifat kepribadian (personality traits) yakni karateristik yang sering muncul dan mendeskripsikan sikap seorang individu. Ada 5 (lima) faktor yang mensugesti kepribadian seseorang atau Big Five Model, antara lain: (Stephen dan Timothy, 2008:131)

1). Ekstraversi (extraversion)
Dimensi ini mengungkapkan tingkat kenyamanan seseorang dalam bekerjasama dengan individu lain. Individu yang mempunyai sifat ekstraversi cenderung suka hidup berkelompok, tegas, dan memperringan dan sepele bermemperkenalkan. Sebaliknya individu yang mempunyai sifat introver cenderung suka menyendiri, penakut, dan pendiam.

2). Praktis akur atau memperringan dan sepele bersepakat (agreeableness)
Dimensi ini merujuk pada kecenderungan individu untuk patuh terhadap individu lainnya. Individu yang sangat memperringan dan sepele bersepakat yakni individu yang senang bekerjasama, hangat, dan penuh kepercayaan. Sementara itu, individu yang tidak memperringan dan sepele bersepakat cenderung bersikap dingin, tidak ramah, dan suka menantang.

3). Sifat berhati-hati (conscientiousness)
Dimensi ini merupakan ukuran kepercayaan. Individu yang sangat berhati-hati yakni individu yang bertanggung tpendapat, teratur, sanggup dihhebat dan luar biasakan, dan gigih. Sebaliknya, individu dengan sifat berhati-hati yang rendah cenderung memperringan dan sepele bingung, tidak teratur, dan tidak bisa dihebat dan luar biasakan.

4). Stabilitas emosi (emotonal stability)
Dimensi kepribadian yang menggolongkan seseorang sebagai orang yang tenang, percaya diri, mempunyai pendirian yang teguh (positif). Dimensi ini mepenilaian kemampuan seseorang untuk menahan kehilangan nalar s. Sementara itu, individu dengan stabilitas emosi yang negatif cenderung memperringan dan sepele gugup, khawatir, depresi, dan tidak mempunyai pendirian yang teguh.

5). Terbuka terhadap hal-hal gres (openness to experience)
Dimensi ini merupakan dimensi terakhir yang mengelompokkan individu berdasarkan lingkup minat dan keterikatannya terhadap hal-hal baru. Individu yang sangat terbuka cenderung kreatif, ingin tahu, dan sensititf terhadap hal-hal yang bersifat seni. Sebaliknya mereka yang tidak terbuka cenderung mempunyai sifat konvensional dan merasa nyaman dengan hal-hal yang telah ada.

3. Kerjasama Tim


1. Pengertian Kerjasama Tim
Kerjasama Tim atau Tim kerja yakni kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja ludang kecepeh tinggi daripada jumlah masukan individual (Stephen dan Timothy, 2008:406). Tim kerja menghasilkan sinergi positif melalui perjuangan yang terkoordinasi. Hal ini mempunyai pengertian bahwa kinerja yang dicapai oleh sebuah tim ludang kecepeh baik daripada kinerja perindividu disuatu organsasi ataupun suatu perusahaan.
Sementara berdasarkan Allen (2004:21) pekerja tim atau tim kerja yakni orang yang sportif, sensitif dan senang berbaur dan bersama, serta bisa mengenali anutan emosi yang terpendam dalam tim dengan sangat jelas. Tim kerja menghasilkan sinergi positif melalui perjuangan yang terkoordinasi. Usaha-usaha individual mereka menghasilkan satu tingkat kinerja yang ludang kecepeh tinggi daripada jumlah masukan individual. Penggunaan tim secara ekstensif menghasilkan potensi bagi sebuah organisasi untuk membuahkan banyak hasil yang ludang kecepeh besar tanpa peningkatan masukan. Kinerja tim akan ludang kecepeh unggul daripada kinerja individu jikalau kiprah yang harus dilakukan menuntut ketrampilan ganda.
Sebuah tim (team) yakni sebuah unit yang terdiri dari 2 (dua) orang atau ludang kecepeh yang memberikannteraksi dan mengkoordinasikan pekerjaan mereka untuk menuntaskan sebuah kiprah yang spesifik (Daft, 2003:171).

2. Jenis – jenis Kerjasama Tim

Jenis –jenis kerjasama tim terdiri dari 6 (enam) bagian, antara lain: (Daft,

2003:171)

1.) Tim Formal
Tim formal yakni sebuah tim yang dibuat oleh organisasi sebagai bab dari struktur organisasi formal.

2.) Tim Vertikal
Tim vertikal yakni sebuah tim formal yang terdiri dari seorang manajer dan beberapa orang bawahannya dalam rantai komando organisasi formal

3.) Tim Horizontal
Tim horizontal yakni sebuah tim formal yang terdiri dari beberapa karyawan dari tingkat hirarki yang hampir sama tapi berasal dari area kesangat menguasaian yang berbeda.

4.) Tim dengan Tugas Khusus
Tim dengan kiprah khusus yakni sebuah tim yang dibuat diluar organisasi formal untuk menangani sebuah proyek dengan kepentingan atau kreativitas khusus.

5.) Tim Mandiri
Tim Mandiri yakni sebuah tim yang terdiri dari 5 hingga 20 orang pekerja dengan bermacam-macam keterampilan yang menjalani rotasi pekerjaan untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa secara tidak ada yang kurang, dan terlaksanakannya diawasi oleh seorang annggota terpilih.

6.) Tim Pemecahan Masalah
Tim pemecahan duduk kasus yakni biasanya terdiri dari 5 hingga 12 karyawan yang dibayar perjam dari departemen yang sama, dimana mereka bertemu untuk mendiskusikan cara memperbaiki kualitas, efisiensi, dan lingkungan kerja.

Advertisement

Iklan Sidebar