1. Pentingnya Perencanaan dan Pengembangan Karir
Di kurun globalisasi ini, semakin banyak perusahaan yang beroperasi di skala internasional. Maka, biar sanggup bersaing dalam kecepatan pertumbuhan bisnis remaja ini, organisasi dan karyawan harus terus-menerus memperluas pengetahuan dan pemahaman mereka mengenai banyak sekali budaya dan tradisi; serta berbagi kesangat menguasaian.
Banyak perusahaan yang mengatur bisnis mereka berdasarkan proyek dan pelanggan, daripada spesialisasi fungsi. Oleh lantaran itu, para karyawan perlu mempunyai interpersonal skill yang luas. Organisasi moderen dituntut untuk menyediakan kesempatan pengembangan bagi karyawan tanpa melihat segi latar belakang, jenis kelamin, suku maupun umur- biar mereka sanggup mempunyai kesempatan yang sama dalam berkembang. Karena hal-hal yang telah disebut di atas, perencanaan dan pengembangan karir merupakan pecahan penting dari sebuah organisasi. Untuk mencapai hasil yang paling bagus, suatu organisasi harus mengerti kaitan antara penhembangan, pembinaan dan karier.
2. Hubungan Antara Pengembangan, Pelatihan Dan Karier (Belum)
3. Pendekatan-Pendekatan dari Pengembangan Karyawan
Terdapat empat pendekatan yang dipakai bagi pengembangan karyawan yaitu: pendidikan formal, pepenilaianan, pengalaman kerja dan hubungan interpersonal.
1. Pendidikan Formal (Formal Education)
Program pendidikan formal meliputi acara off-site dan on-site yang dirancang secara khusus bagi karyawan perusahaan, kursus-kursus singkat yang ditawarkan oleh konsultan-konsultan dan universitas-universitas, program-program MBA eksekutif, dan program-program universitas dimana para penerima secara kasatmata berada di universitas ketika kelas berlangsung. Program-program ini meliputi kuliah-kuliah ibarat sangat menguasai-sangat menguasai bisnis, game dan simulasi bisnis, pembelajaran pengalaman, dan pertemuan-pertemuan dengan pelanggan.
2. Pepenilaianan (Assessment)
Pepenilaianan meliputi penggumpulan informasi dan pemmemberikanan umpan balik kepada karyawan wacana sikap mereka, gaya komunikasi dan keterampilan. Pepenilaianan merupakan cara yang paling sering dipakai untuk mengidentifikasi para karyawan dengan potensi manajerial dan untuk mengukur kekuatan dan kelemahan terkini para manajer.
Pepenilaianan ini terdiri atas:
• Myers Briggs Type Indicator (MBTO), yaitu tes psikologi yang dipakai bagi tim building dan pengembangan kepemimpinan yang mengidentifikasi pilihan-pilihan karyawan atas energi, pengumpulan informasi, pembuatan keputusan dan gaya hidup.
• Pusat Pepenilaianan (Assessment Center), yaitu proses dimana pemeringkat (rater) secara bertingkat mengmemperbaiki kinerja karyawan pada sejumlah pelatihan-pelatihan.
• Benchmarks yaitu instrumen yang dirancang untuk mengukur faktor-faktor yang penting bagi keberhasilan manajerial.
• Pepenilaianan Kinerja (Performance Appraisals) dan Sistem Umpan Balik 360°. Pepenilaianan Kinerja yaitu proses melalui mana organisasi mendapatkan informasi wacana sebaikmana individu karyawan melakukan pekerjaannya. Sistem Umpan Balik 360° yaitu sistem pepenilaianan kinerja bagi para manajer yang meliputi memperbaiki-memperbaiki dari ruang lingkup individu yang memberikannteraksi dengan manajer. Proses ini meliputi memperbaiki diri dari pimpinan manajer, bawahan, sobat kerja, dan pelanggan.
3. Pengalaman Kerja (Job Experiences)
Pengalaman kerja yaitu hubungan-hubungan, masalah-masalah, tuntutan-tuntutan, tugas-tugas, dan ciri-ciri lainnya yang dihadapi karyawan dalam pekerjaan mereka.
Hal-hal yang terkait dengan pengalaman kerja antara lain:
• Memperluas pekerjaan terkini, yang terdiri atas:
Perluasan pekerjaan (job enlargement), yaitu menambahkan tantangan-tantangan dan tanggung tpendapat gres bagi pekerjaan terkini karyawan.
Rotasi pekerjaan (job rotation), yaitu memmemberikankan karyawan serangkaian penugasan-penugasan kerja dalam bermacam-macam wilayah fungsional dari perusahaan atau memindahkan antara pekerjaan-pekerjaan dalam satu wilayah fungsional atau departemen.
• Transfer, promosi, dan pergerakan kebawah (downward move)
Transfer yaitu pemindahan karyawan pada penugasan pekerjaan yang berbeda dalam wilayah yang berbeda dari perusahaan.
Promosi yaitu kenaikan dalam posisi dengan tantangan yang ludang kecepeh besar, tanggung tpendapat yang ludang kecepeh, dan otoritas yang ludang kecepeh daripada pekerjaan sebelumnya.
Pergerakan kebawah (downward move) yaitu perubahan pekerjaan yang melibatkan penurunan level karyawan atas tanggung tpendapat dan otoritasnya.
• Penugasan sementara dengan organisasi-organisasi lain
Dalam penugasan sementara ini meliputi:
Externership, yaitu sebuah perusahaan mengizinkan karyawan untuk mengambil kiprah operasional secara penuh pada perusahaan lain.
Sabbatical, yaitu meninggalkan perusahaan sementara untuk berbagi atau memperbaharui keterampilan.
4. Hubungan Interpersonal (Interpersonal Relations)
Karyawan sanggup berbagi keterampilan dan meningkatkan pengetahuan mereka wacana perusahaan dan pelanggannya dengan memberikannteraksi dengan anggota organisasi yang ludang kecepeh berpengalaman. Dalam hubungan interpersonal ini terdiri atas:
• Mentoring
Mentor yaitu karyawan senior yang berpengalaman dan produktif yang membantu berbagi karyawan yang kurang berpengalaman.
Mentoring ini meliputi:
- Pengembangan keberhasilan program-program mentoring.
- Keuntungan dari hubungan mentoring, termasuk derma karir dan psikologi.
- Maksud-maksud dari program-program mentoring, yang meliputi acara mentoring kelompok, yaitu acara pendampingan karyawan senior yang berhasil dengan kelompok terdiri empat hingga enam individu anak didik yang kurang berpengalaman.
• Pelatihan (Coaching)
Pelatih (coach) yaitu sobat atau manajer yang bekerja dengan karyawan untuk memotivasinya, membantu pengembangan keterampilannya dan memmemberikankan penguatan dan umpan balik.
. Manajemen Karir dan Sistem Perencanaan Pengembangan
a. Konsep Karir
Menurut Handoko (2000 : 123), karir yaitu tiruana pekerjaan yang ditangani atau dipegang selama kehidupan kerja seseorang. Dengan demikian karir memperlihatkan perkembangan para pegawai secara individual dalam jenjang jabatan atau kepangkatan yang sanggup dicapai selama masa kerja dalam suatu organisasi.
Simamora (2001 : 504), beropini bahwa kata karir sanggup dipandang dari beberapa perspektif yang berbeda, antaralain dari perspektif yang obyektif dan subyektif. Dipandang dari perspektif yang subyektif, karir merupakan urut-urutan posisi yang diduduki oleh seseorang selama hidupnya, sedangkan dari perspektif yang obyektif, karir merupakan perubahan-perubahan penilaian, sikap, dan motivasi yang terjadi lantaran seseorang menjadi semakin tua. Kedua.
Simamora (2001 : 504), beropini bahwa kata karir sanggup dipandang dari beberapa perspektif yang berbeda, antaralain dari perspektif yang obyektif dan subyektif. Dipandang dari perspektif yang subyektif, karir merupakan urut-urutan posisi yang diduduki oleh seseorang selama hidupnya, sedangkan dari perspektif yang obyektif, karir merupakan perubahan-perubahan penilaian, sikap, dan motivasi yang terjadi lantaran seseorang menjadi semakin tua. Kedua perspektif tersebut terserius pada individu dan menganggap bahwa setiap individu mempunyai beberapa tingkat pengendalian terhadap nasibnya sehingga individu tersebut sanggup memanipulasi peluang untuk mepaling baguskan keberhasilan dan kepuasan yang berasal dari karirnya. Berdasarkan pengertian tersebut, maka pengertian karir yaitu urutan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dan perilaku-perilaku, penilaian-penilaian, dan aspirasi-aspirasi seseorang selama rentang hidupnya.
Menurut Walker (1980), bagi pegawai, karir bahkan dianggap ludang kecepeh penting dari pada pekerjaan itu sendiri. Seorang pegawai bisa meninggalkan pekerjaannya kalau merasa prospek keriernya buruk. Sebaliknya, pegawai mungkin akan tetap rela bekerja di pekerjaan yang tidak disukainya asal ia tahu ia mempunyai prospek cerah dalam karirnya.
Sebaliknya, bagi organisasi, kejelasan perencanaan dan pengembangan karir pegawai akan membawa manfaat pribadi terhadap efisiensi manajemen. Dikemukakan oleh Walker (1980) bahwa turn over pegawai cenderung ludang kecepeh kecil di perusahaan-perusahaan yang sangat memperhatikan pengembangan karir pegawainya. Di samping itu, penanganan karir yang baik oleh organisasi akan mengurangi tingkah putus asa yang dialami oleh pegawai serta meningkatkan motivasi kerja mereka. Oleh lantaran itu, administrasi karir bukan hanya menjadi kewajiban bagi organisasi, tetapi juga merupakan kebutuhan yang sama pentingnya dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya.
b. Konsep Manajemen Karir
Menurut Dessler (1997 : 45) kegiatan personalia ibarat penyaringan, pelatihan, dan pepenilaianan berfungsi untuk dua kiprah dasar dalam organisasi, yaitu : (a) Peran pertama, kiprah tradisional yaitu menstafkan organisasi mengisi posisi-posisinya dengan karyawan yang mempunyai minat, kemampuan dan keterampilan yang memenuhi syarat; (b) Peran kedua yaitu memastikan bahwa minat jangka panjang dari karyawan dilindungi oleh organisasi dan bahwa karyawan didorong untuk bertumbuh dan merealisasikan potensinya secara penuh. Anggapan dasar yang melandasi kiprah ini yaitu bahwa majikan mempunyai suatu kewajiban untuk memanfaatkan kemampuankemampuan karyawan secara penuh dan memmemberikankan kepada tiruana karyawan suatu kesempatan untuk bertumbuh dan merealisasikan potensinya secara penuh serta berhasil dalam berbagi karirnya.
Menurut Simamora (2001 : 504) administrasi karir (career management) yaitu proses dimana organisasi memilih, mepenilaian, menugaskan, dan berbagi para pegawainya guna menyediakan suatu kumpulan orang-orang yang berbobot untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di masa yang akan datang.
c. Sistem Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pengertian perencanaan karier berdasarkan John Soeprihanto (2000:115) dalam bukunya “Manajemen Personalia” menyebutkan bahwa perencanaan karier yaitu suatu perencanaan wacana kemungkinan-kemungkinan seseorang karyawan sebagai individu bisa naik pangkat atau jabatan yang dihubungkan dengan kemampuan dan persyaratan karyawan tersebut sehingga sanggup tercapai kepuasan kerja yang mendorong peningkatan prestasi. Ada dua kegiatan dalam sistem perencanaan SDM yaitu : penyusunan anggaran tenaga kerja (manpower budgeting) , dan Penyusunan Program Tenaga Kerja (man power programming).
1) Penyusunan Anggaran SDM
merupakan kegiatan memadukan jumlah tenaga kerja yang tersedia dengan jumlah tenaga kerja yang diperlukan. Tujuannya untuk menerima citra mengenai kebutuhan tenaga kerja. penyusunan anggaran tenaga kerja ini disebut pula dengan penyusunan formasi.
Dalam penyusunan deretan perlu diperhatikan dasar penyusunan, sistem penyususnan, analisis kebutuhan tenaga kerja dan anggaran yang tersedia.
2) Penyusunan Program Tenaga Kerja
3) merupakan kegiatan-kegiatan untuk mengisi deretan yang meliputi acara pengadaan tenaga kerja, promosi jabatan pegawai, pembinaan dan pengembangan, acara pemeliharaan pegawai, dan acara pemberhentian pegawai.
d. Metode Perencanaan SDM
Menurut Hasibuan (2003, h 250) metode perencanaan SDM dikenal atas metode nonilmiah dan metode ilmiah. Metode nonilmiah diartikan bahwa perencanaan SDM hanya didasarkan atas pengalaman, inajinasi, dan kemungkinan yang akan terjadi-kemungkinan yang akan terjadi dari perencanaannya saja. Metode ilmiyah diartikan bahwa perencanaan SDM dilakukan berdasarkan atas hasil analisis dari data, informasi, dan peramalan-peramalan (forecating) dari perencanaannya. Rencana SDM semacam ini resikonya relatif kecil lantaran segala sesuatunya telah diperhitungkan terludang kecepeh berlalu dan silam.
Menurut Veithzal Rivai (2008, h 77), permasalahan dalam perencanaan SDM yang perlu diperhatikan, antara lain:
a. Apa pendekatan-pendekatan perencanaan yang telah dipakai di dalam perencanaan SDM dan dimana diterapkan?
b. Bagaiman teknik yang dibentuk dan dilakukan?
c. Bagaimana perencanaan/ kemungkinan yang akan terjadi pendekatan dan waktu konsisi, ukuran enterprise, dan telasi berhubungan?
d. Apa seni administrasi untuk pergantian?
e. Bagaimana kudang kecepejakan perekrutan dan promisi dengan pergantian dan promosi?
f. Bagaimana kemungkinan yang akan terjadi sanggup dibentuk memperringan dan sepele dan dimengerti?
e. Model Perencanaan SDM
Ada 4 (empat) model perencanaan sumber daya insan yang dikemukanan di bawah ini yaitu :
1) Model berdasarkan Andrew E. Sikula
Model ini terdiri dari 5 komponen, yaitu tujuan sumber daya manusia, perencanaan organisasi, pengauditan sumber daya manusia, peramalan sumber daya manusia, dan terlaksanakan acara sumber daya manusia
2) Model sosio-ekonomi Battelle
Model ini dipakai untuk mempelajari karakteristik kekuatan kerja. Model ini sangat memberi manfaat untuk ukuran pasar kerja, area geogerafis, dan sosio-ekonomi yang besar.
3) Model perencanaan sumber daya insan Vetter
Model ini dipakai untuk kebutuhan peramalan dan perencanaan kebutuhan sumber daya manusia.
4) Model perencanaan SDM dari Wayne Cascio
Model ini memakai strategic yang memperhatikan efek faktor lingkungan internal dan eksternal organisasi. Perencanaan SDM meliputi memperhitungkan persyaratan SDM, membandingkan tuntutan persyaratan dengan tersedia SDM (permintaan SDM, keludang kecepehan dan kekurangan SDM), dan perhitungan ketersediaan SDMdalam perusahaan
f. Pengertian Pengembangan Karir
Setiap orang yang bekerja pada suatu perusahaan mempunyai sejumlah berharap sebagai balas jasa dari prestasi yang telah dimemberikankan, salah satu diantaranya yaitu berharap meraih jabatan yang ludang kecepeh tinggi dan bersaing dengan orang lain. Sehubungan dengan hal tersebut, maka karyawan hendak dimemberikan kesempatan untuk berbagi karier.
Berikut beberapa pengertian mengenai pengembangan karier berdasarkan para sangat menguasai. T. Hani Handoko (2001: 123) menyatakan Pengembangan karier yaitu peningkatan-peningkatan pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu planning karier.
Veithzal Riva’I (2003:209) menyatakan bahwa Pengembangan karier yaitu proses peningkatan kemampuan kerja individu dalam rangka merencanakan karier yang diinginkan”. Sedangkan, Andrew J. Dusbin alih bahasa A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2001:77) mengemukakan bahwa Pengembangan karier yaitu acara kepegawaian yang membantu pegawai-pegawai merencanakan karier masa depan mereka di perusahaan biar perusahaan dan pegawai yang bersangkutan sanggup berbagi diri secara paling bagus”.
Dari definisi-definisi di atas, sanggup diketahui bahwa acara pengembangan karier merupakan suatu acara yang formal dan terstruktur yang dilakukan oleh organisasi bagi karyawannya dengan tujuan untuk meningkatkan, pengetahuan, sikap, keterampilan dan jiwa kepemimpinan yang merupakan bekal bagi peningkatan karier mereka, sehingga perusahaan dan para karyawannya sanggup berbagi diri secara paling bagus.
Gambar 1. Kerangka Perencanaan dan Pengembangan Karier
Sumber : T. Hani Handoko,(2001:124), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta
Gambar tersebut menjelaskan bahwa dengan proses perencanaan karier, karyawan dimungkinkan untuk mengidentifikasi target karier dan jalur-jalur karier menuju ke target tersebut, kemudian melalui acara pengembangan karier para karyawan mencari cara untuk meningkatkan dan berbagi sasaran-sasaran karier mereka.
Pengembangan karier mempunyai tujuan-tujuan yang sanggup dipandang dari dua sudut, yaitu bagi organisasi dan karyawan, sehingga pengembangan karier yang terjadi diharapkan akan bisa menghasilkan laba bagi kedua belah pihak. Hal-hal yang besar lengan berkuasa terhadap terlaksanakan pengembangan karier yaitu :
1. Organisasi, terdiri dari :
- Peranannya ibarat informasi karier, kesempatan karier, pepenilaianan prestasi.
- Sasarannya ibarat penempatan karyawan secara tepat, loyalitas karyawan.
- Dasarnya ibarat prestasi kerja, sistem senioritas, lamanya bekerja.
2. Individu, yaitu :
Persepsi karyawan, ibarat derma atasan terhadap karyawan, penempatan pekerjaan yang sempurna dengan kesangat menguasaian dan kemampuan karyawan, dan perjuangan individu dalam mencapai karier yang diinginkan.
Dengan demikian pengembangan karier diharapkan akan memperbaiki kualitas hidup karyawan dari masa ke masa, sedangkan bagi perusahaan diharapkan akan memmemberikankan laba dengan terjaminnya kualitas sumber daya insan yang dimiliki serta pemanfaatannya secara optimal untuk mewujudkan tujuan organisasi. Dengan adanya acara pengembangan karier diharapkan terjadi keselarasan antara kedua tujuan tersebut sehingga karyawan sanggup mencapai planning kariernya dan sekaligus membantu perusahaan untuk mengisi jabatan-jabatan yang ada dalam organisasi.
5. Masalah – Masalah Khusus pada Pengembangan Karyawan :
• Pencairan Glass ceiling
Masalah pengembangan utama yang dihadapi banyak sekali perusahaan ketika ini yaitu cara memperoleh perempuan dan kaum minoritas pada posisi-posisi administrasi tingkat atas. Glass ceiling merupakan gangguan dan aral kemauan pada tingkat organisasi yang ludang kecepeh tinggi. Hambatan tersebut mungkin disebabkan banyak sekali stereotip atau sistem perusahaan yang mempengaruhi perkembangan perempuan atau kaum minoritas. Glass ceiling itu biasanya disebabkan kurangnya terusan terhadap acara pelatihan, pengalaman kerja sesuai perkembangan dan perkembangan hubungan (seperti kepenasihatan). Penelitian telah menemukan bahwa tidak ada perbedaan jenis kelamin pada terusan terhadap pengalaman kerja yang melibatkan peralihan atau membuat perubahan. Namun para manajer laki-laki mendapatkan kiprah tugas secara berarti yang ludang kecepeh melibatkan tingkat tanggung tpendapat yang tinggi (patokan –patokan yang tinggi, mengelola keragaman bisnis, menangani tekanan eksternal) daripada para manajer perempuan dengan kemampuan tingkat manajerial yang sama.
Saran-saran Deloite & Touche untuk Pencairan Glass ceiling :
- Memastikan administrasi senior mendukung dan terlibat pada acara tersebut.
- Membuat masalah bisnis untuk perubahan
- Membuat masyarakat berubah
- Mengumpulkan duduk masalah masalah yang menyebabjan glass ceiling dengan memakai kelompok kerja, kelompok serius dan kuesioner.
- Menciptajan kesadaran wacana sikap jenis kelamin mempengaruhi lingkungan pekerjaan.
- Memaksa tanggung tpendapat melalui peninjauan tingkat promosi dan banyak sekali keputusan penugasan
- Memajukan pengembangan bagi seluruh karyawan
• Perencanaan Suksesi
Banyak perusahaan kehilangan jumlah yang cukup besar dari manajer tingkat atask lantaran pension dan perombakan perusahaan yang mengurangi jumlah para manajer tingkat atas yang potensial. Perusahaan itu menemukan bahwa para manajer menengah tidak siap pindah ke posisi-posisi administrasi atas lantaran banyak sekali kelemahan kurangnya ketrampilan atau pengalaman yang diperlukan. Hal tersebut membuat kebutuhan untuk perencanaan suksesi. Perencanaan suksesi mengacu pada proses untuk mengidentifikasi dan menelusuri para karyawan yang berpotensi tinggi. Perencanaan suksesi (succession planning) membantu banyak sekali organisasi dengan cara yang berbeda beda. Para karyawan yang berpotensi tinggi merupakan orang-orang pada perusahaan yang berkeyakinan bahwa mereka bisa berhasil pada posisi-posisi manajerial yang ludang kecepeh tinggi.
Proses pengembangan planning suksesi:
- Mengidentifikasi posisi-posisi yang termasuk dalam rencana
- Mengidentifikasi karyawan yang termasuk dalam rencana
- Mengembangkan banyak sekali sesuai ketentuan untuk mengmemperbaiki posisi-posisi (misalnya kompetensi, pengalaman yang diinginkan, pengetahuan yang diinginkan dan evaluasi perkembangan)
- Menentukan cara potensi karyawan akan diukur (misalnya kinerja ketika ini dan potensial)
- Mengembangkan peninjauan perencanaan suksesi
- Mengaitkan sistem perencanaan suksesi dengan sistem-sistem SDM, yang meliputi pembinaan dan pengembangan, kompensasi, serta sistem sistem penempatan
- Menentukan umpan balik yang dimemberikankan kepada karyawan
-
• Membantu para manajer dengan banyak sekali sikap yang tidak berfungsi secara normal
Sejumlah kajian telah mengidentifikasi sikap manajerial yang sanggup menyebabkan manajer cakap dinyatakan menjadi racun atau manajer yang tidak dampak dan imbastif. Perilaku tersebut meliputi ketidakpekaan terhadap orang lain, ketidak mampuan menjadi pemain tim, kesombongan, keterampilan administrasi konflik yang buruk, ketidakmampuan memenuhi tujuan-tujuan bisnis dan ketidakmampuan mengubah atau mengikuti keadaan selama masa peraliahan
Advertisement