Kuesioner adalah Daftar pertanyaan yang tersusun dengan baik yang dipakai untuk alat pengumpulan data melalui survei.
Kuesioner harus sesuai dengan dilema yang diteliti. Oleh alasannya yakni itu sebelum menyusun kuesioner, dilema penelitian harus dirumuskan dengan jelas.
Jenis data yang sanggup dikumpulkan memakai kuesioner sanggup kualitatif maupun uantitatif.
Tujuan pembentukan kuesioner: sebagai alat memperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitian dan pembagian terstruktur mengenai dari hipotesis
Persyaratan Kuesioner:
Relevan dengan tujuan penelitian
Praktis ditanyakan
Praktis dijawaban
Data yang didapat praktis diolah
Langkah-Langkah Pembuatan Quesioner:
Langkah 1:
• Menentukan Hipotesis
• Menentukan tipe survey yang akan digunakan
• Menentukan pertanyaan-pertanyaan survey
• Menentukan kategori jawabanan
• mendesain letak survey
Langkah 2:
• Rencanakan bagaimana data akan dikumpulkan
• Uji awal alat pengukuran
Langkah 3:
• tentukan target populasi
• tentukan teknik sampling (random sampling, non random sampling)
• tentukan ukuran sampel
• pilih sampel
Langkah 4:
• Temukan responden
• lakukan interview/wawancara
• kumpulkan data dengan teliti
Langkah 5:
• Masukkan data kedalam komputer
• periksa ulang seluruh data
• lakukan analisis statistik pada data yang diperoleh
Langkah 6:
• Jelaskan metode dan inovasi dalam laporan penelitian
• Presentasikan untuk mendapat masukan dan penilaian
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Kuesioner:
1. Pertanyaan hendaknya terang maksudnya:
a. Pertanyaan tidak terlalu luas
b. Pertanyaan tidak terlalu panjang
c. Pertanyaan dihentikan memimpin
d. Menghindari pertanyaan yang dobel negatif
2. Pertanyaan hendaknya membantu ingatan responden
3. Pertanyaan menjamin responden untuk dengan praktis mengutarakan jawabanannya
4. Pertanyaan hendaknya menghindari bias
5. Pertanyaan memotovasi responden untuk menjawaban
6. Pertanyaan sanggup menyaring responden
7. Pertanyaan hendaknya dibentuk sesederhana mungkin
Tipe Pertanyaan dan Kategori Respon Berdasar jenis:
• Threatening questions/ Pertanyaan yang mengancam : acara sexual, penggunaan obat-obatanan, sikap menyimpang lainnya.
• Knowledge questions/ pertanyaan pengetahuan/ pertanyaan informatif : menanyakan ttg hal-hal yg telah diketahui responden.
• Skip or contingency questions / pertanyaan untuk dilewati atau diteruskan : penyaringan untuk responden tertentu
Bentuk pertanyaan:
1. Pertanyaan terbuka/ Open ended
– Free response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawaban.
– Directed response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawaban akan tetapi sudah sedikit diarahkan.
2. Bentuk pertanyaan tertutup/Close Ended
– Dichotomus choice: hanya disediakan 2 jawabanan alternatif, responden menentukan satu diantaranya.
– Multiple choice: menyediakan beberapa jawabanan alternatif, responden menentukan 1 jawabanan yang sesuai dengan pendapat responden
Keuntungan Pertanyaan Tertutup :
Praktis dihitung persentase jawabanannya.
Dapat memakai lembar jawabanan komputer sehingga cepat menghitungnya.
Praktis melacak pendapat menurut waktu
Praktis memfilter jawabanan yang tidak mempunyai kegunaan atau yang ekstrim.
Berikut Adalah Contoh Kuesioner yang bekerjasama dengan Budaya dan Nilai Organisasi, Komunikasi, Kepemimpinan, Aktivitas Kerja, Lingkungan Kerja dan Kompensasi. Download Free
Kuesioner harus sesuai dengan dilema yang diteliti. Oleh alasannya yakni itu sebelum menyusun kuesioner, dilema penelitian harus dirumuskan dengan jelas.
Jenis data yang sanggup dikumpulkan memakai kuesioner sanggup kualitatif maupun uantitatif.
Tujuan pembentukan kuesioner: sebagai alat memperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitian dan pembagian terstruktur mengenai dari hipotesis
Persyaratan Kuesioner:
Relevan dengan tujuan penelitian
Praktis ditanyakan
Praktis dijawaban
Data yang didapat praktis diolah
Langkah-Langkah Pembuatan Quesioner:
Langkah 1:
• Menentukan Hipotesis
• Menentukan tipe survey yang akan digunakan
• Menentukan pertanyaan-pertanyaan survey
• Menentukan kategori jawabanan
• mendesain letak survey
Langkah 2:
• Rencanakan bagaimana data akan dikumpulkan
• Uji awal alat pengukuran
Langkah 3:
• tentukan target populasi
• tentukan teknik sampling (random sampling, non random sampling)
• tentukan ukuran sampel
• pilih sampel
Langkah 4:
• Temukan responden
• lakukan interview/wawancara
• kumpulkan data dengan teliti
Langkah 5:
• Masukkan data kedalam komputer
• periksa ulang seluruh data
• lakukan analisis statistik pada data yang diperoleh
Langkah 6:
• Jelaskan metode dan inovasi dalam laporan penelitian
• Presentasikan untuk mendapat masukan dan penilaian
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Kuesioner:
1. Pertanyaan hendaknya terang maksudnya:
a. Pertanyaan tidak terlalu luas
b. Pertanyaan tidak terlalu panjang
c. Pertanyaan dihentikan memimpin
d. Menghindari pertanyaan yang dobel negatif
2. Pertanyaan hendaknya membantu ingatan responden
3. Pertanyaan menjamin responden untuk dengan praktis mengutarakan jawabanannya
4. Pertanyaan hendaknya menghindari bias
5. Pertanyaan memotovasi responden untuk menjawaban
6. Pertanyaan sanggup menyaring responden
7. Pertanyaan hendaknya dibentuk sesederhana mungkin
Tipe Pertanyaan dan Kategori Respon Berdasar jenis:
• Threatening questions/ Pertanyaan yang mengancam : acara sexual, penggunaan obat-obatanan, sikap menyimpang lainnya.
• Knowledge questions/ pertanyaan pengetahuan/ pertanyaan informatif : menanyakan ttg hal-hal yg telah diketahui responden.
• Skip or contingency questions / pertanyaan untuk dilewati atau diteruskan : penyaringan untuk responden tertentu
Bentuk pertanyaan:
1. Pertanyaan terbuka/ Open ended
– Free response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawaban.
– Directed response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawaban akan tetapi sudah sedikit diarahkan.
2. Bentuk pertanyaan tertutup/Close Ended
– Dichotomus choice: hanya disediakan 2 jawabanan alternatif, responden menentukan satu diantaranya.
– Multiple choice: menyediakan beberapa jawabanan alternatif, responden menentukan 1 jawabanan yang sesuai dengan pendapat responden
Keuntungan Pertanyaan Tertutup :
Praktis dihitung persentase jawabanannya.
Dapat memakai lembar jawabanan komputer sehingga cepat menghitungnya.
Praktis melacak pendapat menurut waktu
Praktis memfilter jawabanan yang tidak mempunyai kegunaan atau yang ekstrim.
Berikut Adalah Contoh Kuesioner yang bekerjasama dengan Budaya dan Nilai Organisasi, Komunikasi, Kepemimpinan, Aktivitas Kerja, Lingkungan Kerja dan Kompensasi. Download Free
Advertisement